Jumat, 04 November 2016

UTS MANAJEMEN PEMASARAN ARDILA SAFIRA ERIZNA PUTRI - 8335155463

.  UTS MANAJEMEN PEMASARAN
   ARDILA SAFIRA ERIZNA PUTRI
8335155463
1. 

  1. Apakah yang dimaksud pemasaran? Jelaskan beserta perubahan teori dan konsep pemasaran!

Pemasaran merupakan sistem dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan produk yang dapat memuaskan keinginan konsumen dan mencapai target pasar, dan tujuan perusahaan.
Perubahan besar dalam teori pemasaran adalah setelah konseptualisasi hubungan pemasaran, muncul (1) teori bahwa hubungan pemasaran yang sukses membutuhkan komitmen dalam hubungan dan rasa percaya, (2) Model komitmen hubungan dan rasa percaya adalah sebagai variable antara, (3) menguji variable ini, dan (4) membandingkan model mereka dengan saingan yang tidak memungkinkan komitmen hubungan dan kepercayaan berfungsi sebagai variabel mediasi. Mengingat hasil tes menguntungkan untuk kunci mediasi model yang variabel, saran untuk memberi penjelasan lebih lanjut dan pengujian itu menawarkan perubahan besar dalam teori pemasaran dan praktek.

a. Konsep Produksi
artinya konsep yang bertujuan agar konsumen akan menyukai produk yang tersedia dimana-mana dan harganya murah. Konsep ini focus pada produksi dengan mengerahkan segenap upaya untuk efisiensi produk tinggi dan distribusi yang luas.
b.  Konsep produk
konsep dimana konsumen menyukai produk yang menawarkan mutu, performansi dan ciri-ciri yang terbaik.
c.  Konsep penjualan
konsep dimana organisasi harus melaksanakan upaya penjualan dan promosi yang agresif.
d.  Konsep pemasaran
konsep ini bertujuan untuk mencapai tujuan organisasi yaitu penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dan memberi kepuasan yang diharapkan secara efektif dan efisien.
e.  Konsep pemasaran social
merupakan bentuk tugas suatu organisasi yang menentukan kebutuhan, keinginan dan kepentingan pasar sasaran dan memberikan kepuasan yang diharapkan dengan cara yang lebih efektif dan efisien dari pada para pesaing.
f. Konsep Pemasaran Global
konsep pemasaran Global bertujuan agar seorang manajer eksekutif berusaha memahami semua faktor lingkungan yang mempengaruhi pemasaran melalui manajemen strategis.
22. Jelaskan bagaimana konsep pemasaran di perusahaan tempat Anda bekerja (jika belum bekerja tempatnya adalah di kampus)!

Bank BNI menggunakan konsep pemasaran yang bernama ‘BNI Experience’, Dibawah payung ‘BNI Experience’, program-program promosi produk dan fitur BNI untuk nasabah secara umum dilakukan melalui 5 (lima) Iconic Cluster sesuai segmentasi dan preferensi nasabah, yaitu BNI Music Experience, BNI Fashion Experience, BNI Food Experience, BNI Travel Experience dan BNI Entrepreneurship Experience. BNI bekerja sama dengan pihak ketiga menyajikan berbagai pementasan musik dan teater musikal berkualitas, menggelar acara pagelaran busana, menawarkan diskon harga ataupun program promosi yang menarik untuk menikmati sajian istimewa di berbagai restoran ternama pada nasabah pemegang kartu debit dan kredit BNI, menawarkan berbagai program travel yang bekerja sama dengan berbagai travel agent dan maskapai penerbangan terkemuka, seperti Garuda Indonesia, Citilink, serta penerbangan internasional seperti Cathay Pacific, Malaysia Airlines dan Jetstar, serta menggelar acara Travel Fair, membantu nasabah komersial ritel dan UKM untuk mempromosikan produk dan layanan mereka melalui berbagai acara pameran produk dan industri. Konsep pemasaran ini dibuat alih-alih sebagai privilege sebagai nasabah Bank BNI, yang membuat calon konsumen menjadi tertarik untuk memiliki/menggunakan produk Bank BNI.

33. Apa yang dimaksud dengan strategi pemasaran! Jelaskan bagaimana strategi pemasaran motor Honda (Vario New) serta Buku Matematika terbitan Erlangga!

     Strategi pemasaran merupakan pengambilan keputusan terkait hal-hal dalam pemasaran seperti biaya pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam keterkaitannya dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan yang dipengaruhi tiga faktor utama yaitu daur hidup produk, situasi ekonomi, posisi persaingan perusahaan di pasar.
    Strategi pemasaran motor Honda khususnya Vario Baru diantaranya dengan promosi Brandnya terlebih dahulu, Honda mampu menjadikan merek tersebut selalu di hati konsumennya, Honda juga mengadakan berbagai promosi produk Vario baik melalui media internet, media cetak, promosi langsung maupun melalui siaran televisi, dengan menggandeng beberapa artis terkenal untuk memeriahkan promosinya sehingga lebih menarik perhatian calon konsumennya. Promosi juga diiringi dengan inovasi tiada henti yang menjadikan Vario sebagai salah satu skuter matik terbaik di pasar Indonesia, Honda selalu menjaga kualitas dari produknya. Honda juga memberikan kemudahan dalam pembelian unit vario salah satunya dengan uang muka kecil dan cicilan yang ringan serta kemudahan syarat untuk memiliki unit vario. Honda Vario juga kerap menjadi sponsor acara-acara yang melejitkan nama dari unit motor ini, sehingga menaikkan tingkat kepercayaan calon konsumen kepada Vario karena namanya yang semakin dikenal.
      Erlangga memfokuskan strategi pemasarannya melalui Program CSR (Corporate Social Responsibility), CSR dijadikan  sebagai media promosi secara tidak langsung dengan melekatkan merk Erlangga di hati para penggunanya. CSR Erlangga dilakukan dengan cara bekerja sama dengan beberapa perusahaan besar di Indonesia dalam program CSRnya, seperti CSRnya dengan Conoco Phillips dalam pendistribusian buku gratis untuk daerah Mamuju, Arafura, dan Anambas, juga dengan UNICEF Indonesia untuk pengadaan buku untuk sumbangan ke Kabupaten Lebak & pandeglang Prof Banten, dan lain lain.

4. Jelaskan pengertian lingkungan pemasaran! Coba Anda paparkan strategi yang digunakan pabrik rokok dalam lingkungan pemasaran dimana mereka menjelaskan produk rokok tidak berbahaya?

            Lingkungan Pemasaran adalah lingkungan perusahaan yang terdiri dari pelaku dan kekuatan di luar pemasaran yang mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang berhasil dengan pelanggan sasaran.
            Perusahaan rokok dalam membuat iklan melalui media baik media televisi, cetak, maupun radio, menunjukan kesenangan dan gaya hidup yang menyenangkan serta jauh dari kesakitan dan kematian, yang ditunjukkan dalam iklannya adalah merokok dapat lebih menyenangkan dengan rasa yang bermacam-macam, membuat bercengkrama dengan teman menjadi lebih seru, serta hal-hal lainnya yang mengisyaratkan hidup akan hampa tanpa rokok, dan penyakit bukanlah hal utama yang harus dikhawatirkan dari rokok.

5.  5. Jelaskan yang dimaksud Perilaku Konsumen beserta pengaruhnya terhadap pemasaran! Jika Anda sebagai manajer pemasaran lini bawah PT Coca Cola, bagaimana Anda mengambil keputusan dalam hal membaca perilaku konsumen di tahun 2016!

            Perilaku konsumen adalah proses serta aktivitas seseorang dalam berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan dari seseorang tersebut. Perilaku konsumen adalah faktor yang mendasari konsumen dalam membuat keputusan pembelian.
            Strategi dan taktik pemasaran dirancang dan dibuat berdasarkan secara eksplisit maupun implicit tentang perilaku konsumen. Keputusan yang dibuat didasarkan kepada asumsi yang jelas, teori terkait, serta riset yang terbukti lebih sukses dibandingkan dengan keputusan yang dibuat berdasarkan dugaan dan intuisi tanpa riset terlebih dahulu. Pengetahuan akan perilaku konsumen lebih dari sekedar member keuntungan, hal ini dapat menghindarkan perusahaan dari keganjilan dalam keputusan serta kegagalan pasar.
            Jika saya menjadi manajer pemasaran lini bawah PT Coca Cola, saya akan membaca apa yang sedang menjadi kegemaran tinggi dari target pasar dan saya akan aplikasikan dalam strategi pemasaran produk PT Coca Cola, jika konser music artis tertentu yang digemari mayoritas target pasar PT Coca Cola, maka saya akan mensponsori acara tersebut dan membuka booth untuk penjualan minuman disana, serta dalam promosinya saya akan menggunakan jasa musisi tersebut dalam iklannya agar lebih menarik.

6. 6. Apakah yang dimaksud dengan penjualan produk secara B2B dan B2C, jelaskan dengan contohnya dalam kehidupan atau lingkungan Anda!

            Business-to-business (B2B) menggambarkan transaksi perdagangan elektronik antar perusahaan, seperti antara produsen dan grosir, atau antara grosir dan pengecer.
Contoh: sebuah online shop penjual kosmetik memesan bungkus untuk packagingnya kepada online shop lain.
            Business-to-Customer (B2C) merupakan kegiatan yang menggambarkan bisnis elektronik secara langsung melayani antara konsumen akhir dengan produk / jasa. Contoh transaksi B2C adalah lanjutan transaksi dari transaksi sebelumnya yaitu transaksi terakhir, kosmetik yang dijual online shop dijual kepada konsumen secara elektronik dengan harga yang sudah tertera (langsung).


7. 7. Bagaimana tahapan pemasaran dan penetapan produk baru yang ideal? Jelaskan dengan contoh ketika Anda ingin memasarkan produk Pizza di economart / econoidol!

1. Riset Pasar (Market Research)
2. Jeli Melihat Kebutuhan Konsumen
3. Menempatkan produk yang tepat di waktu yang tepat
4. Promosikan produk
5. Berikan Layanan Terbaik

            Pertama saya akan melakukan riset untuk mengetahui apa yang dapat menarik konsumen untuk mencoba jenis makanan baru yang akan di pasarkan di economart, maka target pasar adalah para mahasiswa, keunikan produk biasanya merupakan hal yang dicari kalangan muda dikarenakan rasa ingin tahunya yang tinggi, selain unik, rasanya pun harus enak dan pas, serta mengenyangkan, dengan harga yang terjangkau, karena mahasiswa biasanya butuh makanan yang mengenyangkan dengan harga murah. Pizza ini harus dijual bersama produk sampingan lain yang mengimbangi keberadaannya secara tepat, yaitu minuman yang dingin dengan rasa yang enak, karena pizza bertekstur roti maka biasanya mudah menyebabkan haus. Setelah itu, saya akan mempromosikannya, karena target pasar adalah mahasiswa, maka saya akan memasarkannya di social media, baik instagram, path, line, snapchat, dan lainnya. Tentunya dibantu dengan dipasarkan melalui akun instagram yang pengikutnya mayoritas adalah mahasiswa UNJ seperti @anakunj atau @unjcantik, namun untuk lebih menjangkau target pasar maka layanan penjualan keliling akan sangat berguna dalam memasarkan produk baru.

8.8. Jelaskan kasus pemasaran yang pernah anda ketahui di tahun 2016 !

Kasus Samsung Galaxy Note 7 yang terjadi tahun ini, Samsung menjual produk ini dan memasarkannya secara besar-besaran ke seluruh penjuru dunia, tanpa memastikan dengan benar kelayakan dari produk ini, setelah terungkap bahaya dari produk ini, maka pihak Samsung me-recall seluruh unit Samsung Galaxy Note 7 yang sudah berada di tangan konsumen dan melakukan perbaikan terhadap unit unit tersebut, namun setelah diproduksi kembali dan dipasarkan kembali, produk ini lagi-lagi menimbulkan masalah, maka pihak Samsung kembali me-recall seluruh unit produk ini dan menghentikan produknya hingga saat ini. Namun, walaupun sudah dihentikan dan ditarik dari pasaran, nyatanya gambar dan iklan besar seperti pada baliho ataupun di pusat perbelanjaan di seluruh penjuru dunia masih terpajang iklan dari Samsung Galaxy Note 7.



DAFTAR PUSTAKA
https://www.wattpad.com/4247831-pengertian-perilaku-konsumen

http://rocketmanajemen.com/strategi-pemasaran-produk-baru/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar