Senin, 09 Januari 2017

UAS MANAJEMEN PEMASARAN ARDILA SAFIRA (8335155463)

1.Jelaskan pengertian saluran distribusi dan strategi distribusi intensif, ekslusif, selektif beserta kelebihan dan kekurangannya!
Saluran distribusi adalah sekelompok pedagang dan agen perusahaan yang mengkombinasikan antara pemindahan fisik dan nama dari suatu produk untuk menciptakan kegunaan bagi pasar tertentu.
Strategi distribusi intensif merupakan kegiatan mendistibusikan produk ke semua tingkatan konsumen, distribusi intensif ini digunakan untuk barang barang kebutuhan hari yang tidak memakan tempat dan tidak memerlukan keahlian dan tenaga penjual.
Strategi distibusi selektif adalah kegiatan mendistirbusikan produk dengan selektif yaitu suatu daerah tertentu hanya dipilih beberapa toko saja. Distirbusi selektif cocok digunakan untuk produk seperti barang elektronik.
Strategi distribusi ekslusif merupakan kegiatan mendistribusikan produk produk spesial. Distibusi ekslusif ini cocok untuk mendistribusikan barang barang mewah yang   bernilai tinggi. Tidak semua konsumen dapat menggunakannya.

2.Jelaskan hambatan/risiko dalam persaingan global serta kelebihan dan kekurangan Indonesia dalam menghadapinya! (10)
Saat ini persaingan semakin luas bukan hanya persaingan dari dalam negeri namun juga dari Negara lain yang memiliki aspek ekonomi, sumber daya manusia, budaya yang lebih mumpuni. Beberapa hambatan yang akan dihadapi di persaingan global yaitu: 
·         Perbedaan latar belakang ekonomi, sosial, budaya dan lain sebagainya menyebabkan kesulitan dalam berkomunikasi dikarenakan adanya perbedaan Bahasa dan geografis. 
·         Sulitnya menganalisis persaingan masa kini dan masa depan di banyak Negara dikarenakan informasi informasi penting dalam hal ketersediaan, kedalaman dan akurasi dari informasi tersebut sangat bervariasi 
·         SDM yang kurang mumpuni akan menjadi hambatan utama dalam persaingan global dikarenakan dengan tidak memiliki SDM yang bisa bersaing tentunya Negara tersebut akan diserbu oleh pekerja pekerja asing yang memiliki kualitas yang lebih baik. 

Kelebihan dan kekurangan Indonesia dalam menghadapi persaingan global 
·         Sumber Daya Manusia 
Indonesia merupakan salah satu Negara yang memiliki sumber daya manusia yang melimpah, dengan jumlah penduduk lebih dari 250 juta orang tentunya akan sangat mudah untuk Indonesia bersaing atau bahkan menjadi salah satu kekuatan utama pada persaingan global asalkan kuantitas tersebut diimbangi dengan kualitas dari masing masing individu yang ada.Namun jikalau Indonesia tidak bisa meningkatkan kualitas dari masing masing individu tersebut tentunya hal tersebut akan menjadi beban bagi Negara untuk dapat bersaing di pasar global. 

·         Sumber Daya Alam 
Indonesia memiliki Sumber Daya Alam yang kaya dan melimpah. Namun kelebihan tersebut akan sia sia jika tidak diimbangi dengan kemauan masyarakat untuk menjaga dan mengelolanya dengan baik. Kayanya Indonesia akan sumber daya alam tentunya akan menjadi magnet bagi masyarakat dunia untuk mengeksplorasi sumber daya alam kita guna mendapatkan keuntungan. Maka dari itu sumber daya alam yang melimpah akan menjadi kelebihan kita untuk menghadapi persaingan global jika kita bisa untuk menjaga dan mengelolanya agar keuntungan didapat untuk bangsa sendiri. Atau akan menjadi kelemahan untuk kita jika dibiarkan sumber daya alam tersebut di eksplorasi oleh masyarakat masyarakat dunia.

3.         Apakah perbedaan antara bauran promosi dan bauran pemasaran? Jelaskan dengan faktor-faktornya ! Serta bagaimana cara menentukan anggarannya? (10)
·         Bauran Promosi (Promotion Mix), yakni berbagai perangkat komunikasi yang digunakan untuk kegiatan promosi. Penggunaan berbagai alat dalam melakukan promosi ini merupakan cara terbaik untuk dapat menyampaikan pesan tentang produk kepada target konsumennya secara efektif. Bauran promosi ini merupakan salah satu bagian dari Bauran Pemasaran atau yang sering disebut Marketing Mix.
·         Bauran Pemasaranadalah perangkat variabel-variabel pemasaran terkontrol yang digabungkan perusahaan untuk menghasilkan tanggapan yang diinginkan dalam pasar sasaran.
Menurut pendapat Kotler (2005: 264-312), unsur bauran promosi (promotion mix) terdiri atas lima perangkat utama, yaitu:

·         Advertising adalah setiap bentuk presentasi dan promosi non personal yang memerlukan biaya tentang gagasan, barang, atau jasa oleh sponsor yang jelas. Bisa melalui iklan media massa yang ada, atau iklan luar ruangan seperti pemasangan billboard, spanduk dan poster.
·         Sales Promotion merupakan berbagai insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau membeli suatu produk atau jasa. Meliputi pajangan-pajangan di sejumlah titik/lokasi penting pemasaran, bingkisan, discount, kupon belanja.
·         Public relation and publicity merupakan berbagai program untuk mempromosikan dan/atau melindungi citra perusahaan atau produk individualnya. Aplikasi dari komponen ini adalah ikut serta atau mengadakan acara - acara tertentu yang sifatnya tidak murni profit orientes dengan instansi lain, misalkan dengan menggelar acara malam bakti sosial atau penggalangan dana.
·         Personal Selling adalah Interaksi langsung dengan calon pembeli atau lebih untuk melakukan suatu presentasi, menjawab langsung dan menerima pesanan. Contohnya adalah Sales presentations, pertemuan / seminar penjualanIntinya adalah dapat bertatap muka secara langsung atau melalui telepon.
·         Direct marketing, cara ini merupakan promosi dengan penggunaan surat, telepon, faksimil, e-mail dan alat penghubung nonpersonal lain untuk berkomunikasi secara dengan atau mendapatkan tanggapan langsung dari pelanggan tertentu dan calon pelanggan.

Cara menentukan anggaran promosi:

Dalam mempertimbangkan variabel promosi yang akan di pergunakan dalam perusahaan, kadangkala anggapan yang di pergunakan adalah bahwa dana promosi telah ada. Dalam kenyataannya, penentuan anggaran promosi justru di lakukan sebelum pemilihan bauran promosi.
Idealnya, anggaran promosi di tentukan dengan cara menghitung marginal revenue yang di peroleh dari tambahan setiap unit uang yang di keluarkan dalam bauran promosi. Selama marginal revenue yang di peroleh lebih besar dari marginal cost untuk promosi, maka penambahan dana promosi masih dapat di benarkan. Masalah utama dalam penerapan metode ini adalah pada penentuan marginal revenue itu sendiri. Perusahaan sangat jarang atau bahkan sulit mengetahui berapa banyak revenue yang di peroleh dari setiap tambhan dana yang di keluarkan untuk promosi. DIkarenakan keterbatasan itu, maka perusahaan dapatmenggunakan alternative lain yaitu:

Objective-task method
Penggunaan metode ini memerlukan serangkaian langkah yaitu:
-          penentuan tujuan promosi
-      menentukan strategi atau gugus tugas yang di butuhkan untuk mencapai tujuan ini menentukan jumlah pengeluaran yang di butuhkan dalam implementasi strategi. Untuk melakukan justifikasi atas anggaran yang di tetapkan, manajer pemasaran harus menggunakan asumsi tertentu yang mampu menjelaskan tentang tujuan dan mengapa hal itu di lakukan.

Metode Presentase Penjualan
Cara yang dapat di tempuh dalam mengestimasi besarnya anggaran promosi adalah dengan menentukan presentase tertentu penjualan periode yang lalu atau perkiraan penjualan tahun yang datang. Metode presentase penjualan ini banyak di pergunakan karena beberapa alasan. Pertama, adalah sederhana dan mudah untuk di lakukan. Kedua, pengeluaran promosi akan bervariasi di antara berbagai merkproduk. Ketiga, dengan menggunakan metode ini maka pengeluaran untuk promosi dapat di perkirakan sebelumnya.
   Namun demikian, beberapa kelemahan yang melekat dalam metode presentase penjualan sebagai dasar penetapan anggaran promosi adalah :
·         Sangat tidak logis mengkaitkan secara langsung prakiraan pengeluaran dengan data masa lalu. Ini berarti bahwa penjualan menentukan bauran promosi, demikian pula sebaliknya. Dengan kata lain, apabila penjualan masa lalu adalah nol maka perusahaan tidak perlu mengaggarkan sejumlah dana untuk promosi
·      Penjualan tidak secara langsung menncerminkan profitabilitas. Produk dengan marjin keuntungan kecil kadang kala menghasilkan volume penjualan tinggi.
   Kalau anggaran di tetapkan berdasarkan prakiraan penjualan, ada kecendrungan manajer pemasaran menaikan angka prakiraan penjualan untuk menjamin bahwa tersediaanya dana promosi produk.

Competitive parity
Bentuk pendekatan lain yang dapat juga di pergunakan untuk menetapkan anggaran promosi adalah dengan mengimbangi anggarn pesaing. Metode ini di lakukan dengan  cara menentukan anggaran promosi dari presentase penjualan dua atau tiga perusahaan pesaing. Walaupun cara seperti itu menunjukan pemikiran dalam menghadapi pesaing, tetapi tidak ada jaminan bahwa perusahaan akan memperoleh gambaran yang akurat tentang pesaing. Sangat mungki terjadi, dengan mengunakan presentase penjualan industri, perusahaan akan menggunakan kesalahan para pesaing sebagai dasar penentuan anggaran promosi perusahaan.

Metode arbitary
Banyak perusahaan tidak menggunakan proses perencanaan formal dalam menentukan besarnya anggaran promosi. Anggapan yang di anut adalah bahwa tidak ada kaitannya antara volume besarnya dana untuk promosi. Oleh karena itu, dasar yang di pergunakan untuk menentukan anggarn proosi adalah pada kemampuan perusahaan untuk menyediakan dana. Kelemahan cara macam ini adalah bahwa perusahaan tidak bisa mengkaitkan promosi dengan penjualan, yang berarti sulit untuk menilai kinerja bagian penjualan. Ketetapan justifikasi yang di lakukan manajer akan sangat  menentukan keberhasilan promosi. 

4.         Jelaskan seberapa penting peranan budaya dalam pemasaran global? Dan bagaimana          mengatasi etnosentris dalam multikulturalisme pemasaran global! (20)
Budaya dalam pemasaran global itu sangatlah penting, karena setiap kita akan mempromosikan produk yang kita ingin tawarkan disuatu negara haruslah dengan budaya yang dimiliki oleh negara tersebut. Jika tidak sesuai dengan budaya dinegara yang kita pasarkan maka akan berakibat pada penjualan dan reputasi brand
atau perusahaan di negara
Beberapa cara untuk mengatasi etnosentris:

·        Pendidikan 
            Dimulai dari pendidikan sejak dini anak anak kita tentunya dituntun untuk lebih menghargai antar umat agar kedepannya individu individu tersebut dapat tertanam sikap saling menghargai dan memiliki toleransi satu sama lain 
·         Sosialisasi 
            Dilakukannya sosialisasi dari lingkup terkecil mulai dari pihak RT untuk mengadakan penyuluhan tentang sikap menghargai antar umat dan budaya tentunya akan membuat masyarakat lebih terbuka pada era persaingan global sehingga akan menurunkan sikap etnosentris yang dapat memecah belah masyarakat dan berdampak negative pada daya saing Negara tersebut dimata dunia. 
·         Peraturan 
            Perlu dibuatkannya aturan dan hukuman yang jelas agar masyarakat yang memiliki sikap etnosentris dapat menjaga sikap mereka. Dengan adanya aturan tersebut masyarakat akan berfikir dua kali untuk memandang remeh budaya lain. 

5.Pemasaran online terdiri dari online marketplace (tokopedia, bukalapak, dll), online retail (Lazada, BliBli) serta classified ads (kaskus, rumah123 dll). Jelaskan dengan singkat bagaimana masing-masing jenis tersebut dapat terkena pajak?

·         Classified Ads (jasa layanan pasang Iklan di situs online) , yaitu kegiatan menyediakan tempat secara online untuk memajang produk atau jasa dalam bentuk teks, grafik, video penjelasan, informasi, dan Iain-lain bagi pengiklan. Pihak-pihak yang terkait dalam bisnis ini diantaranya adalah pemilik situs penyedia layanan iklan (classified Ads) pengiklan dan pengguna iklan/pembaca. Dalam kegiatan ini, terdapat kewajiban PPh dan PPN dalam proses bisnis penyediaan tempat dan atau waktu untuk memajang materi promosi barang dan atau jasa dalam bentuk teks, grafik, video penjelasan, informasi secara online. 
·         Online Marketplace (Penyedia Layanan Jual Beli Online), yaitu kegiatan menyediakan tempat kegiatan usaha berupa toko online di internet yang menjadi tempat bertemu penjual dan pembeli yang terdaftar sebagai anggota untuk melakukan jual beli secara online. Pihak-pihak yang terkait dalam transaksi ini adalah pemilik toko online (market place) sebagai penyelenggara, penjual dan pembeli. Dalam kegiatan ini, terdapat kewajiban PPh dan PPN. PPh dikenakan pada penjual atas penambahan penghasilan akibat barang yang laku dijual, sedangkan PPN dikenakan kepada pembeli atas proses perpindahan barang antara penjual dan pembeli melalui marketplace tersebut. 
·         Online Retail adalah kegiatan menjual barang dan atau jasa yang dilakukan oleh penyelenggara Online Retail kepada pembeli di situs Online Retail. Pihak-pihak yang terkait adalah penyelenggara yang sekaligus berperan sebagai merchant dan pihak lainnya adalah pembeli. Dalam kegiatan Online Marketplace, terdapat kewajiban PPh dan PPN dalam proses bisnis jasa penyediaan tempat dan atau waktu, penjualan barang dan atau jasa, serta dalam proses bisnis penyetoran hasil penjualan kepada merchant oleh penyelenggara, 

6. Bagaimana cara atau strategi marketing untuk UMKM yang baru berkembang ! (Penjelasan dengan contoh dan penerapan langsung atau dengan memberitahukan strategi tsb pada bisnis real UMKM akan mendapat poin penuh (30)
Profil Usaha:
Dr Waffles
Ruko Grand Galaxy City, Jl. Boulevard Raya Timur RGB 80, Bekasi
Merupakan bisnis makanan yang menjual aneka jenis waffle dengan berbagai topping.

1. Perkuat Nama Brand Bisnis

            Strategi pemasaran bisnis yang pertama bukan tentang seberapa besar keuntungan yang dapat kamu raih maupun seberapa banyak laba yang bisa kamu rengkuh dalam jangka waktu dekat. Namun, yang penting disini adalah seberapa besar brand dan kekuatan produk yang sedang kamu jalankan sehingga dapat berpotensi untuk menghasilkan penghasilan dalam jangka waktu yang panjang.
2. Pelajari Banyaknya Kompetitor
            Tidak ada hal lain yang lebih sulit dan juga lebih mudah selain kamu mencoba untuk mendalami dan mengetahui lebih dalam mengenai kompetitor yang menjadi sainganmu dalam berbisnis. Mengetahui disini artinya mengetahui apa kelebihan dan kelemahan kompetitor tersebut. Jika kamu mengetahui apa yang menjadi kelebihan dari kompetitor tersebut maka kamu bisa mencontohnya, dan sebaliknya jika kamu mengetahui kelemahan kompetitor tersebut maka jauhilah.
3. Aktif Dalam Berpromosi
Promosi erat kaitannya dengan penguatan brand produk dan peningkatan nilai dimata para konsumen. Semakin efektif nilai pemasaran dan promosi yang kamu jalani serta diaplikasikan maka akan semakin besar pula peluang keuntungan yang akan kamu dapatkan.


Lokasi Usaha Dr Waffles



 Foto bersama owner Dr Waffles

           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar